Keputusan menerjunkan diri dalam dunia blogging Saya membaginya ada 2 golongan dari Anda, yang pertama adalah Anda bersedia menjadi blogger yang artinya anda akan menjadi penulis online atau yang kedua Anda menjadi pebisnis, dimana membangun blog ini menjadi owner alias pemimpin alias perencana dan untuk mejalankan blogging dilakukan oleh orang lain, Anda membayarnya untuk itu, mulai dari riset keyword, penulisan, membangun web dan optimasi seo offpagenya.

cara memilih niche blog

Kalau ada di poin kedua rasanya nggak perlu datang di artikel ini, justru mungkin Anda sudah tereleksi seblumnya karena Anda sudah level Advance. Dalam artikel ini akan di sampaikan untuk Anda golongan pertama yaitu mau menjadi blogger alias penulis online.

Memlih Niche itu adalah hal perama yang harus dipikirkan matang-matang karena ini adalah pondasi dari blogging itu sendiri. Ohya Apa itu Niche? Niche adalah sebuah tema atau pemasar mengatakan ceruk, yang artinya bahwa untuk ngeblog ini tidak mungkin dong kita akan menulis segala sesuatu seperti portal berita segala kategori ada mulai dari makanan, olahraga, teknologi, ekonomi dsb, maka dari itu kita musti memilih ceruk/niche apa yang hendak kita bangun menjadi sebuah blog.

Pada prinsipnya membangun blog ini adalah kita sebagai blogger memberikan makanan (informasi) berupa konten baik tulisan, video maupun gambar kepada mereka para pengunjung yang haus dan lapar tentang informasi itu sendiri. Untuk memberikan konten yang cocok untuk mereka tentunya kita harus tahu apa yang mereka cari untuk itu nanti akan ada pembahasan tentang riseet keyword. Namun yang terpenting adalah konten yang kita buat mampu memuaskan mereka para pencari informasi.

1. Mulailah dengan yang Anda Sukai

Menulis akan menjadi hal yang mudah jika yang Anda tuliskan adalah sesuatu yang disukai ini kaitannya dengan minat dan hobi. Tidak jauh beda dengan yang Anda lakukan saat menceritakan pengalaman melakukan kesukaan kepada orang lain. Tidak perlu sempurna karena kesempurnaan itu adalah proses yang artinya lakukan saja, dan Anda akan menjadi expert dalam hal yang Anda sukai.

Contohnya jika anda seorang perempuan yang suka memasak, maka mulailah dengan menuliskan kegiatan memasak, bisa berupa resep, tips memasak, dan tips-tips lain yang tentunya Anda yang lebih tahu karena menyukai memasak.

Anda pun bisa berkunjung ke blog-blog yang menuliskan artikel-artikel berkaitan dengan memasak, Saya yakin pasti akan menemukan ide-ide menulis. Untuk memonetisasi blog untuk memang dilakukan diakhir jika sudah ada pembaca blog Anda, tetapi sangat bagus sekali jika memikirkan dari awal nanti ini blog mau di monetisasi apa. Karena dengan menentukan model monetisasinya, akan menentukan bagaimana cara anda menulis blog tersebut. Artikel How to dengan artikel review produk sudah beda alurnya.

2. Pekerjaan Anda

Apa pekerjaan Anda? pasti ada sesuatu yang layak untuk dibagikan kepada orang lain yang dirasa orang lain mencarinya melalui Search Engine. Akan lebih greng lagi jika pekerjaan Anda adalah hobi Anda, langsung tancap gas. Ini niche yang cocok untuk Anda.

3. Brainstroming dari Web Besar

Jika memang Anda tidak bisa menentukan kesukaan alias minat hobi, cara termudah adalah mencari idenya melalui web-web besar, disitu Anda bisa berbrainstorming, kira-kira niche apa yang paling cocok dengan kepribadian Anda. Kalau nggak menemukannya ya, cukup sampai disini dulu, perbanyaklah melakukan kegiatan dan mencari seorang tokoh blogger sebagai sosok yang bisa anda contoh.

Web besar yang dimaksud adalah website yang membahas tentang banyak niche, seperti lazada, detik, kompas, okezone, bahkan Anda bisa mencari ide di bukalapak ataupun tokopedia.

Contoh, Anda suka sekali ganti-ganti smartphone, nah Anda bisa memberikan review produk smarphone, niche ponsel. Anda suka dengan desain-sesain arsitektur rumah, Anda bisa membuat blog dengan niche rumah yang mendiskripsikan desain-desain rumah, dan seterusnya. Hanya Anda yang tahu hal ini.

8 Langkah Menentukan Niche

Setelah menemukan Niche sebagai pilihan Anda, apa yang dilakukan? OK untuk menjawab itu akan Saya berikan beberapa tips langkahnya.

  1. Kumpulkan 10 Minat/Hobi anda, nggak usah banyak alasan dan mikir, tulis saja.
  2. Kumpulkan lagi 10 niche yang anda merasa nyaman hasil dari brainstorming dari web besar, dah tulis saja.
  3. Setelah itu jadikan satu yaitu 20 niche
  4. Dari 20 Niche sortir menjadi 10 Niche yang paling anda rasa OK
  5. Dari 10 Niche ini lakukan riset kecil-kecilan menggunakan google trends, masukan niche itu apakah ada trendnya tidak, artinya ada yang mencari informasi terkait dengan nich pilihan Anda.
  6. Ambil semua niche yang ada trend-nya, setelah itu sortir lagi menjadi 5.
  7. dari 5 niche ini masukkan ke google ada banyak yang membahas tidak, dengan melihat resultnya, kalau ada maka pilih niche tersebut
  8. Pilih 1 diantara niche yang tersisa

Setelah ditemukan Niche langkah selanjutnya adalah mengetahu seberapa potensinya niche tersebut untuk digarapa menjadi blog yang bisa dimonetisasi. Namun sebelumnya yang perlu ditentukan adalah memilih model monetizenya yang akan dibahas pada artikel yang beda. Untuk mengetahui langkah atau blueprint membangun blog untuk di monetisasi bisa dilihat dalam artikel 8 Langkah Mudah membangun Blog untuk di-Monetisasi. Dimikian selamat mempraktekkan, jika ada kesulitan atau butuh penjelasan, silahkan jangan sungkan untuk menuliskan didalam kolom komentar dibawah.

 

  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Tags: ,

1 Comment on this article. Feel free to join this conversation.

Leave A Response