Halo Juragan. Ketemu lagi dengan saya Arif Wahyu dari EnamDigit.com.

Untuk membangun sebuah website, entah untuk kerperluan toko online, website review, web corporate, tentunya kita membutuhkan hosting sebagai tempat penyimpanan file-file website.

Secara umum diluaran sana banyak sekali penawaran sewa hosting dari yang per bulan, per 3 bulan, per 6 bulan, pertahun bahkan per 2 tahun atau lebih. Tentunya dengan biaya yang bervariasi sesuai dengan spesifikasi dari hosting tersebut. Panel yang digunakan untuk mengatur hosting ini rata rata menggunakan CPanel sebagai panel utamanya. Hosting ini merupakan hosting yang dipakai oleh banyak klien, atau bisa dikatakan ini adalah shared hosting, dimana resource yang dimiliki komputer atau vps (virtual private server) dibagai menjadi beberapa bagian.

Beda halnya dengan VPS sendiri, merupakan sebuat layanan yang disewakan oleh hosting provider, dimana sebagai klien menggunakan semua reource VPS Sendiri. Misal VPS RAM 1GB, CPU 2GHz, HD 30GB. Resource tersebut secara utuh di gunakan oleh klien. Service ini juga untuk disewakan perbulan, dengan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan resource dari shared hosting.

pilih shared hosting atau vps hostingDari 2 macem hosting tersebut tentunya disesuaikan dengan agan sendiri kebutuhannya untuk apa dan sejauh mana agan spent waktu untuk mengelola hosting tersebut.

Shared Hosting

+ Biaya sewa relatif murah
+ Ada Support Teknis oleh provider
+ Menggunakan CPanel sebagai panel utama
jelas ini menjadi kelebihan karena dengan harga sewa hosting murah mendapatkan CPanel yang sewa lisensi perbulannya skitar $15
+ bisa dengan mudah meminta untuk upgrade kel spesifikasi hosting yang lebih tinggi

– tidak menggukanan resource secara maksimal, masih ada batasan-batasan dari hosting priovider
– harus mengikuti TOS hosting provider, tidak bisa bebas install dan aktifkan ini itu di hosting. bisa bisa agan kena suspend (web tidak bisa diakses)
– bisa ikut berakibat jika ada klien laen yg se vps menggunakan shared hosting yg tidka bijak

VPS Hosting

+ Semua resource dipakai klien sendiri secara utuh sesuai dengan spesifikasi yang disewa
+ Bebas install ini itu atau memperlakukan vps itu sendiri
+ Bebas dari suspend
+ Biaya lebih murah dibanding shared hosting diliat dari spesfikasi yang didapat.

– Untuk kalangan advance karena dibutuhkan pemahaman tentang hosting itu sendiri
– Harus belajar Panel jika mau biaya yang lebih mudah
– Akan repot jika ada masalah, bantuan hanya dari forum online

Jadi kembali lagi ke kebutuhan Agan sekalian, jika untuk website biasa seperti blog atau web corporate, shared hosting cocok untuk agan. Dan sebaliknya jika agan membutuhkan resource tinggi dan murah untuk bandwith tinggi atau untuk keperluan autoblog (agc), Agan mau belajar dan mau ribet, Agan cocok menggunakan VPS Hosting ini.

Demikan perbandingan antara Shared Hosting dengan VPS Hosting, semoga bermanfaat.

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Tags: , , ,

< Previous Article

1 Comment on this article. Feel free to join this conversation.

Leave A Response